Mulai dari bagian depan, desain Dynamic Shield yang tangguh dan modern mempertegas Mitsubishi XPANDER sebagai generasi penerus MPV di Indonesia. Lampu depan utama menggunakan Halogen, dilengkapi juga dengan LED Positioning lamp di sisi gril, menghadirkan tampilan lebih modern.
Bergerak ke belakang, terlihat kombinasi lampu dengan cahaya lebih terang, membvuat perjalanan Anda jauh lebih aman. Bentuk desain “L” nya pun menambah gagah penampilan belakang XPANDER. Spoiler yang dilengkapi dengan lampu rem bercahaya terang, melengkapi keamanan dan keselamatan berkendara.
Sebagai pemanis yang juga fungsional, Mitsubishi juga menyematkan Bumper Garnish di depan dan belakang untuk melindungi bodi dari serpihan kerikil atau sampah lain yang ada di jalan raya. Sementara di keempat sudutnya, XPANDER juga menggunakan pelek 16 inci Two Tone, desain modern yang sangat cocok untuk karakter jalan umum Indonesia (ULTIMATE, SPORT & EXCEED)
Desain keseluruhan eksterior Mitsubishi XPANDER memiliki garis bodi kokoh dan memiliki karakter yang sama dengan tangguhnya sebuah SUV.
Konfigurasi akomodasi penumpang, selain 7 orang juga bisa diatur. Untuk 6 penumpang misalnya , sandaran penumpang tengah bisa dijadikan sandaran tangan, dan jok tengah berubah menjadi 2 penumpang, atau jok baris tiga bisa dilipat satu. Jok tengah dan belakang juga bisa dilipat rata dengan lantai, sehingga menambah ruang bagasi untuk mengakomodasi barang bawaan panjang.
Mitsubishi XPANDER juga dibekali dengan sistem suspensi McPherson Strut di depan dan Torsion Beam yang dilengkapi katup peredam guncangan di belakang untuk menghadirkan stabilitas tinggi dan kelembutan berkendara.
XPANDER juga memiliki ground clearance sebesar 205 mm, paling tinggi di kelasnya, sehingga memiliki daya jelajah lebih tinggi ketimbang MPV lain. Selain itu, ia juga memiliki penyangga bagian depan dan belakang yang kokoh, Adhesive Structure dan Built In Strut Bar , berfungsi mengurangi distorsi bodi, sekaligus meningkatkan efisiensi suspensi mobil saat berkendara.
Untuk mesin, Mitsubishi menggunakan unit MIVEC 1.5 4 silinder segaris, 16 Valve, DOHC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 77 Kw/6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 141 Nm/4.000 rpm. Selain tenaga dan torsi lumayan besar, mesin ini juga efisien bahan bakar. Disandingkan dengan sistem transmisi manual atau otomatis canggih dan solid yang turut meredam getaran dan kebisingan mesin ke dalam kabin saat berkendara.
Fitur keselamatan aktif dan pasif yang ditawarkan Mitsubishi XPANDER juga banyak, seperti sepasang SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, Sistem pengereman Anti Lock (ABS), Emergency Stop Signal (ESS) yang mengoperasikan lampu hazard secara otomatis saat pengemudi melakukan pengereman mendadak, Sistem Hill Start Assist (HSA), yang mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik saat akan melaju di jalan menanjak (ULTIMATE & SPORT), Active Stability Control (ASC) fitur ini secara otomatis akan mengendalikan laju saat mobil bermanuver di jalan licin sehingga tidak mudah tergelincir (ULTIMATE & SPORT), Pedestrian Protection Hood, desain bagian depan XPANDER meminimalisir resiko cidera pada pejalan kaki melalui impact absorbing pada kap mesin dan bumper.
Teknologi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) pada struktur rangka Mitsubishi XPANDER dirancang khusus sesuai standar semua kendaraan Mitsubishi untuk memberikan keamanan terbaik dalam berkendara.